Langsung ke konten utama

SISTEM MULTIMEDIA

SISTEM MULTIMEDIA 


Multimedia terdiri dari dua suku kata, yakni “multi” dan “media”. Kata multi berarti banyak atau bermacam-macam. Sedangkan kata media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Dengan demikian, multimedia secara umum diartikan sebagai alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.



Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.



Sedangkan pengertian multimedia menurut Robin dan Linda adalah alat yang bisa menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif dengan mengkombinasikan teks, gambar, audio, video, ataupun animasi.


Sistem  : Adalah kumpulan dari elemen – elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Maka berdasarkan penjelasan diatas pengertian sistem multimedia yaitu beberapa sistem yang mendukung lebih dari satu macam   media.

Sistem Multimedia memiliki 5 Element Multimedia yaitu :
1.  Teks
     Kombinasi alfabet, angka dan simbol elemen dasar multimedia melibatkan penggunaan jenis teks, ukuran, warna dan warna latar belakang. Teks memegang peranan dasar dalam menyusun dokumen, karena hampir seluruh aplikasi multimedia menggunakan teks sebagai alat presentasi informasi yang paling sesuai untuk mendeskripsikan suatu nama, definisi atau aturan Memberi penekanan untuk sesuatu materi yang ingin disampaikan. 

2. Audio

    Terdapat tigas kategori suara yaitu ucapan, musik dan efek suara. Aduio juga membantu meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan.Membantu meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan. Terdapat 2 jenis audio yaitu audio analog dan digital.

a. Audio Analog

    Audio analog adalah sinyal suara asli di mana kita dapat merekam file audio analog.
b. Analog digital
  Audio digital adalah contoh digitak dari suara sebenarnya yang digunakan dalam multimedia.
Contoh beberapa format file audio yaitu .aiff .wma dan .wav

3. Grafis
    Memberikan penekanan secara visual terhadap sesuatu presentasi, dapat menyampaikan informasi dengan lebih berkesan dan lebih menarik.
   Jenis - Jenis Grafis yaitu grafis Bitmap yang merupakan file komputer yang digunakan untuk menyimpan gambar. Ini terdiri dari blok kecil atau titik-titik yang disebut picel dalam kotak. Sedangkan Grafis Vektor adalah penciptaan citra digital melalui perintah perintah atau pernyataan matematis yang menempatkan garis dan bentuk dalam ruang dua dimensi (2-D) atau Tiga-dimensi (3D).

4.   Animasi
     Berperan sebagai penarik pada sebuah presentasi dan sangat membantu dalam menjelaskan suatu konsep yang kompleks dengan mudah. Animasi adalah serangkaian gambar grafis yang ditampilkan satu demi satu untuk mensimulasikan gerakan.
Merupakan gabungan elemen multimedia yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia yanga ada untuk menyajikan informasi video menggunakan system animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format tertentu.
Dalam membangun suatu aplikasi multimedia, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu tahap Konsep (concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Testting (Percobaan) dan Distribusi (Distribution).
Dimulai dari tahap pertama yaitu konsep (Concept), dimana pada tahap ini terdapat langkah-langkah yang pertama yaitu mengidentifikasi masalah untuk mendifinisikan batasan dan sasaran, mendefinisikan masalah yang dihadapi pemakai, mendefinisikan pemakai akhir sistem, memilih prioritas penanganan masalah, memperkirakan biaya dan manfaat secara kasar dan membuat laporan hasil pendefinisian masalah (Proposal Aplikasi). 


5.   Video
     Merupakan gabungan elemen multimedia yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia yanga ada untuk menyajikan informasi video menggunakan system animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format tertentu.
     Selain itu Video merupakan Media digital yang menunjukkan pengaturan atau sekuens gambar statis yang memberikan  ilusi seolah-olah kita melihat gambar bergerak. (Agnew and Kellerman-1997).


Dalam membangun suatu aplikasi multimedia, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu tahap Konsep (concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly)Testting (Percobaan) dan Distribusi (Distribution).


Dimulai dari tahap pertama yaitu konsep (Concept)dimana pada tahap ini terdapat langkah-langkah yang pertama yaitu mengidentifikasi masalah untuk mendifinisikan batasan dan sasaran, mendefinisikan masalah yang dihadapi pemakai, mendefinisikan pemakai akhir sistem, memilih prioritas penanganan masalah, memperkirakan biaya dan manfaat secara kasar dan membuat laporan hasil pendefinisian masalah (Proposal Aplikasi). 
          Setelah melakukan langkah mengidentifikasi masalah selanjutnya masuk ke langkah dua yaitu analisis, dimana terdapat 2 tahapan analisi yaitu Analisis TELOS dan Analisis PIECES. Dalam analisisi TELOS terdapat lankah – langkah yang harus dilakukan yaitu analisis biaya/manfaat secara kasar dan batasan sasaran dan sistem. Langkah yang dilakukan pada analisis PIECES yaitu melakukan analisis PIECES, dimulai dari analisis perfomance, apakah solusinya layak ? Sejauh mana kinerja dari sistem untuk menyelesaikan tahap-tahap pekerjaan dengan mempertimbangkan waktu yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan? Kemudian Analisis Informasi (Information) akan muncul pertanyaaan apakah informasi yan dhasilkan akurat, tepat waktu dan relevan ? selain itu yang menjadi pertimbangan dalam pemenuhan kebutuhan informasi adalah sejauhmana kualitas informasi yang akan disajikan bagi pengguna informasi. Dalam Analisis Ekonomi (Economic)  Fokus pada apakah sistem baru menguntungkan secara ekonomi ? kemudian Analisis Pengendalian (Control) apakah dapatkah meningkatkan kinerja sisem, mencegah dan mendeteksi penyalahgunaan atau kesalahan sistem? selain itu Analisis Efficiency yang seringkali dihubungkan dengan bagaimana meminimalisasi pemborosan sumber daya, waktu, uang, peralatan, ruang dan keterlambatan pengolahan data, kemudian Analisis Pelayanan  (services) dapatkah meningkatkan kepuasan pengguna ? Langkah Ketiga yaitu Analisis kebutuhan Sistem dimana kita akan menganalisi kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem . Analisis kebutuhan sistem sangat dibutuhkan dalam mendukung kinerja sistem, apakah sistem yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Karena kebutuhan sistem akan mendukung tercapainya tujuan. Maka diharuskan untuk menentukan kebutuhan Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software),  Pengguna (Brainware), dan Informasi.

Selanjutnya tahap selanjutnya dalam membangun suatu aplikasi multimedia, yaitu perancangan (Design) dan Pengumpulan Bahan (Material Collecting) terdapat langkah – langkah yang akan dilalui yaitu :
1)   Merancang konsep
       Pada langkah ini terdapat pertanyaan kunci yang harus dijawab yaitu apakah konsep tersebut merupakan solusi terbaik? 
  2) Tahap kedua yaitu merancang isi, pertanyaan kunci dilangkah ini adalah bagaimana mengimplementasikan strategi kreatif dalam isi multimedia ? 
     3)  Merancang naskah, pada langkah ini pertanyaan kuncinya adalah bagaimana merancang naskah dan storyboard yang efektif? 
      4)   Merancang grafik, pertanyaan kuncinya yaitu bagaimana merancang grafik yang efektif.


       Tahap selanjutnya dalam membangun suatu aplikasi multimedia, yaitu Pembuatan (Assembly)  Langkah pada tahap pembuatan yaitu memproduksi sistem. Pertanyaan kunci yang muncul yaitu apakah aplikasi multimedia dapat diproduksi?

     Tahap selanjutnya dalam membangun suatu aplikasi multimedia, yaitu Testting (Percobaan) Tahap ini yaitu melakukan uji coba sistem, pertanyaan kunci yang akan muncul yaitu apakah aplikasi tidak ada kesalahan atau keruskan ?
      
       Tahap selanjutnya dalam membangun suatu aplikasi multimedia, yaitu Distribusi (Distribution) Pada tahap distribusi terdapat tahapan yang harus dilalui yaitu : 1) Mengorganisasi File, langkah-langkahnya yaitu menggabungkan semua kontekn multimedia mengunakan software pendukung.  2) Konversi File ke .exe, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu membuat file Executable (.Exe) untuk dapat dijalankan pada sistem operasi.  3)   File Protected, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu memproteksi file agar tidak dimodifikasi oleh orang yang idak berkepentingan. 4)  File AutoRun langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu membuat file auto run agar ketika di burn ke CD, File Pekerajaan dapat tereksekusi secara otomatis, sehingga aplikasi berjalan dengan otomatis.

     Sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat.

     Referensi :
https://media.neliti.com/media/publications/251726-analisis-dan-desain-aplikasi-multimedia-ce4dd57e.pdf











Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN ISPRING

Assalaualaiku, kali ini saya akan membuat tutorial membuat QUIZ menggunakan Ispring, Sebelum itu masri kita mengenal ISpring itu apa. iSpring Suite adalah toolkit authoring berbasis PowerPoint yang diproduksi oleh iSpring Solutions yang memungkinkan pengguna untuk membuat kursus berbasis slide, kuis, simulasi dialog, screencast, kuliah video, dan materi pembelajaran interaktif lainnya. Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah: 1. Ispring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform. 2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. Ispring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video pre

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE

TUTORIAL MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ MAKER Wondershare Quiz Creator merupakan perangkat lunak untuk pembuatan soal, kuis atau tes secara online (berbasis web). Penggunaan Wondershare Quiz Creator dalam pembuatan soal tersebut sangat familiar/user friendly, sehingga sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman yang sulit untuk mengoperasikannya. Hasil soal, kuis dan tes dibuat/disusun dengan perangkat lunak ini dapat disimpan dalam format Flash yang dapat berdiri sendiri (stand alone) di website. Dengan Wondershare Quiz Creator, pengguna dapat membuat dan menyusun berbagai bentuk dan level soal yang berbeda, yaitu bentuk soal benar/salah (true/false), pilihan ganda (multiple choices), pengisian kata (fill in the blank), penjodohan (matching), Kuis dengan area gambar dan lain-lain. Bahkan dengan Wondershare Quiz Creator dapat pula disisipkan berbagai gambar (images) maupun file Flash (Flash movie) untuk menunjang pemahaman peserta didik da

SPESIFIKASI LAPTOP ASUS A455L SERIES

Haloo, Assalamu'alaikum. Pada artikel ini saya akan menuliskan spesifikasi laptop yang saya gunakan sehari-hari. Laptop yag saya gunakan yaitu laptop ASUS A455LF-WX049D.    Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inch dengan tingkat resolusi 1366 x 768 pixels. Melihat ukurannya, maka laptop ini tentu saja cocok buat kamu yang sering bepergian membawa laptop. Laptop ini memiliki desain yang elegan dengan bentuk ramping nan kokoh. Pada bagian casingnya saja, laptop Asus yang satu ini menggunakan material alumunium yang memberikan kesan super mewah dan tentunya nampak sangat gahar. Meskipun menggunakan material metal namun bobot laptop ini cukup ringan dengan hanya 2.3 kilo gram saja. Pada dimensinya sendiri memiliki ukuran 340 x 241 mm dengan ketebalan yang hanya 24.8mm. Selai itu m emiliki performa yang baik dengan prosesor jenis Intel Core i3 (i3-4005U) yang dapat berlari kencang 1.7 GHz. Sementara pada bagian sitem pengolahan grafis menggunakan jenis GPU NVIDIA Ge Force