Langsung ke konten utama

TEKS DALAM MULTIMEDIA

TEKS DALAM MULTIMEDIA

Assalamualaikum Wr, Wb
Kali ini saya akan memberikan resume mengenai teks dalam multimedia.

        Teks merupakan komponen penting yang digunakan dalam banyak aplikasi multimedia. Teks merupakan karakter yang digunakan untuk membuat kata, kalimat, dan paragraf. Teks juga bagus dalam memberikan informasi dasar. Ini adalah cara yang paling sederhana, dan sering kali paling efektif untuk menyampaikan pesan satu-satunya.

Ada beberapa jenis font yang digunakan dalam teks multimedia, berikut penjelsana dari perbedaan beberapa jenis font tersebut.
Sebuah. 
A. Teks Serif
     - Stroke dekoratif ditambahkan ke cad of a leter's
     - Serif meningkatkan keterbacaan dengan mengarahkan mata di sepanjang jenis garis
     - Serif adalah yang terbaik untuk teks tubuh
    - Wajah Serif lebih sulit dibaca dalam skala kecil (Lebih Kecil dari Spt) dan dalam ukuran yang sangat besar
b. Teks Sans serif
    - Wajah sans serif tidak memiliki goresan dekoratif
    - Teks sans seerif harus dibaca huruf demi huruf
    - Gunakan sans serif facces untuk ukuran kecil dan sangat besar
    - Digunakan untuk Catatan Kaki dan berita utama
c. Kerning
    Ruang antara pasangan karakter, biasanya sebagai tumpang tindih untuk appcarance perbaikan.
d. Leading
    Spasi di atas dan di bawah spacin font atau garis

Selain jenis font, terdapat juga size yang merupakan ukuran teks dalam multimedia, dan color yang merupakan warna teks yang akan digunakan dalam teks multimedia.

PENGERTIAN TEKS
       Teks merupakan media yang paling umum digunakan dalam penyajian informasi, teks juga dapat disajikan dalam berbagai bentuk font maupun ukuran. Sejarah Teks bermula sejak 6000 tahun yang lalu, manusia sudah berusaha untuk membuat simbol-simbol visual yang mewakili makna tertentu.
    Simbol ini selalu berbentuk gambar yang merepresentasikan objek fisik yang ditemui dalam kehidupan manusia. Asal-usul bentuk huruf adalah mengikuti bentuk pilar-pilar bangunan di Yunani Kuno. Seperti diketahui, bagian atas dan bawah tiang pilar memang lebih besar agar bisa membuat pilar lebih kokoh, contoh: font Times New Roman, Bodoni, Garamond, atau Egyptian FONT SANTS SERIF. Simbol seperti ini bisa disebut dengan huruf piktograf. Bentuk huruf piktograf yang dipakai di Mesir ribuan tahun yang lalu terkenal dengan sebutan Hiroglif. Kata atau simbol dalam bentuk apapun, lisan maupun tulisan merupakan sistem komunikasi yang paling umum digunakan, oleh karena itu, teks merupakan elemen visual yang vital dalam produk multimedia 
     Keberadaan teks dalam media harus memiliki arti, baik berupa kata maupun kalimat, jadi kejelasan arti clan kepadatan kata menjadi pertimbangan utama pemakaian elemen teks.
         Huruf dan tulisan memiliki arti amat penting bagi manusia. Huruf adalah cara manusia berkomunikasi secara visual.  Te-ks dalam bentuk kata, kalimat dan paragraf digunakan untuk mengkomunikasikan pikiran, ide dan fakta di dalam hampir semua aspek kehidupan. 

Produk multimedia bergantung kepada teks untuk:
- Menjelaskan bagaimana aplikasi bekerja
- Memandu pengguna saat menggunakan aplikasi
- Menginformasikan bagaimana aplikasi didesain

Dari semua elemen multimedia, teks adalah yang paling mudah untuk dimanipulasi, berikut terdapat pedoman umum teks dalam multimedia :
- Jadilah ringkas
- Gunakan font yang sesuai
- Mempertimbangkan jenis style yang berbeda
- Konsisten
- Gunakan pengendalian
- Teks dalam Jumlah besar, alternatifnya gunakan animasi, video, dan narasi
- Membuat teks dapat dibaca

Berikut ini merupakah kelemahan dan kelebihan teks :
Kelebihannya yaitu :
- Relatif murah
- Menggambarkan ide lebih efektif
- Menjelaskan media yang lain
- Kerahasiaan terjaga
- Mudah diubah atau diganti
Kelemahan
- Kurang diingat dibandingan media visual
- Memerlukan perhatian yang lebih
- Dapat terjadi ambiguitas

TEKNIK TEKS DALAM MULTIMEDIA
Teknik Teks
Dasar dari teks adalah karakter: Alfabet, angka dan karakter khusus
Kategori elemen teks:
·         Alphabet : A –Z
·         Numbers 2 O -9
·         Special characters:
·         Punctuation [. , : ; ,, “ ...]
·         Sign or Symbols [* & " ? ! f\~ @ -_]
·         Termasuk juga ikon khusus, matematik simbol, tulisan Yunani.


Tipografi
     Tipografi merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga pembaca akan dapat membaca semaksimal mungkin Fonts (huruf) dan Point
    Perkembangan tipografi mengalami perkembangan dari cara manual atau dengan tangan (hand-drawn) hingga menggunakan komputer.
Prinsip Tipografi
1. Legibility
    Kualitas pada huruf membuat huruf tersebut dapat dibaca
2. Re-adibility
    Penggunaan huruf dengan memperhatikan hubungannya dengan huruf lain sehingga terbaca
3. Visibility
    Kemampuan suatu huruf, Kata, kalimat dalam suatu karya komunikasi visual dapat terbaca dalam jarak tertentu
4. Clarity
    Kemampuan huruf-huruf dalam karya desain dapat dibaca dan dimengerti oleh pengamat yang dituju

Karakter Teks
1.       Vertical, stroke vertikal sebagai stroke utama, contoh: E, F, H, I, L, T
2.       Curved, stroke utama melengkung, contoh: C, 0, Q, S
3.       Oblique, stroke utama diagonal, contoh: A, K, M, N, V, W, X, Y, Z
4.       Combination, stroke utama antara vertikal dan melengkung, contoh: B, D, G, I, P, R, U

Kelompok Teks dari sudut Negatif
1.       Ruang negatif sudut lengkung, contoh: B, C, D, G, 0, P, Q, R, 5, U
2.       Ruang negatif sudut segitiga, contoh: A, K, M, N, V, W, X, Y, Z
3.       Ruang negatif sudut persegi, contoh: E, F, H, I, L, T

Kelompok Teks dari sudut Geometri
1.       Kelompok garis tegak datar, contoh: E, F, H, I, L, T
2.       Kelompok garis tegak miring, contoh: K, A, M, N, V, W, X, Y, Z
3.       Kelompok garis tegak lengkung, contoh: B, D, G, J, P, R,U
4.       Kelompok garis lengkung, contoh: C, O, Q, S

Sekian materi terkait teks dalam multimedia, semoga bermanfaat. Aamiin.

Wassalamualaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AUDIO DALAM MULTIMEDIA

Assalamualaikum, kali ini saya akan membuat Book Report Karangan Munir (2012) mengenai audio dalam multimedia.     Elemen audio dalam sistem miltimedia meliputi suara, musik dan efek suara. Suara dalam multimedia digunakan dalam berbagai macam antara lain, suara dari pengisi suara atau percakapan antara orang satu dengan yang lainnya, atau suara yang dibawakan oleh orang yang tidak kelihatan di layar multimedia. Metode yang umum untuk menyajikan suara dalam audio multimedia seperti iklan TV tersebut dikenal dengan nama “Voicecover”.    Audio merupakan suara dalam bentuk seperti suara, musik, narasi dan sebagainya yang bisa didengar. Suara merupakan media yang ampuh untuk menyajikan informasi karena pemakai dapat mendengar suara suatu kata dengan tepat (munir : 2012). Berdasarkan pendapat dapat disimpulkan bahwa audio ampuh untuk menyampaikan informasi, terutama dalam proses pembelajaran sebagai media pengajaran dan berguna untuk dapat merangsang pikiran, perh...

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE

TUTORIAL MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ MAKER Wondershare Quiz Creator merupakan perangkat lunak untuk pembuatan soal, kuis atau tes secara online (berbasis web). Penggunaan Wondershare Quiz Creator dalam pembuatan soal tersebut sangat familiar/user friendly, sehingga sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman yang sulit untuk mengoperasikannya. Hasil soal, kuis dan tes dibuat/disusun dengan perangkat lunak ini dapat disimpan dalam format Flash yang dapat berdiri sendiri (stand alone) di website. Dengan Wondershare Quiz Creator, pengguna dapat membuat dan menyusun berbagai bentuk dan level soal yang berbeda, yaitu bentuk soal benar/salah (true/false), pilihan ganda (multiple choices), pengisian kata (fill in the blank), penjodohan (matching), Kuis dengan area gambar dan lain-lain. Bahkan dengan Wondershare Quiz Creator dapat pula disisipkan berbagai gambar (images) maupun file Flash (Flash movie) untuk menunjang pemahaman peserta didik da...

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN ISPRING

Assalaualaiku, kali ini saya akan membuat tutorial membuat QUIZ menggunakan Ispring, Sebelum itu masri kita mengenal ISpring itu apa. iSpring Suite adalah toolkit authoring berbasis PowerPoint yang diproduksi oleh iSpring Solutions yang memungkinkan pengguna untuk membuat kursus berbasis slide, kuis, simulasi dialog, screencast, kuliah video, dan materi pembelajaran interaktif lainnya. Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah: 1. Ispring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform. 2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. Ispring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video pre...