Pernahkah anda melihat gambar yang bergerak?
Gambar tersebut merupakan sebuah animasi. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai animasi dalam multimedia.
Jika anda tipe orang yang suka membaca sambil mendengarkan musik, sialhkan play lagu berikut
PERFECT - Ed Sheeran - EMMA HEESTERS KHS COVER
Jika anda tipe orang yang suka membaca sambil mendengarkan musik, sialhkan play lagu berikut
PERFECT - Ed Sheeran - EMMA HEESTERS KHS COVER
Menurut Reiber (1994) bagian penting lain pada
multimedia adalah animasi. Animasi berasal dari
bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup,
semangat. Selain itu kata animasi juga berasal dari
kata animastion yang berasal dari kata dasar to anime
di dalam kamus Indonesia Inggris berarti
menghidupkan. Secara umum animasi merupakan
suatu kegiatan menghidupkan, menggerakan benda
mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan,
semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya
berkesan hidup (Dalam media.neliti.com)
Dalam pembuatan animasi terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan, berikut ini beberapa teknik animasi yang saya kutif dari jurnal Rona Guines Purnasiwi dan Mei P Kurniawan.
1. Stop Motion Animation
Animasi dibentuk dari gambar – gambar yang
dibuat secara grafis yang kemudian digerakan.
Jadi, animasi stop motion adalah cara atau teknik
yang biasa dipakai untuk menciptakan sebuah
animasi. Jika membuat animasi menggunakan teknik ini maka peralatan yang dibutuhkan hanya kamera
foto atau kamera video, tripod atau apapun yang
dapat menyangga kamera tepat pada tempatnya,
dan paling penting adalah obyeknya.
Berikut ini adalah contoh dari animasi stop motion.
2. Hybrid Animation
Teknik ini berbeda dengan hybrid animation yang menggambar dikertas manual, pada teknik ini sketsa gambar di buat menggunakan peralatan pen-Tablet atau Digitalizer-Tablet yang di capture langsung menjadi video.
Berikut ini adalah contoh pembatan gambar untuk animasi menggunakan pen tablet.
Animasi adalah daya tarik utama di dalam program multimedia interaktif. Animasi mampu menjelaskan suatu konsep atau proses yang sukar dijelaskan dengan media lain. Animasi juga memiliki daya tarik estetika sehingga tampilan yang menarik dan eyecatching akan memotivasi pengguna untuk terlibat di dalam proses pembelajaran. Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.
Ada beberapa manfaat animasi untuk berbagai kebutuhan, yaitu media hiburan, animasi digunakan untuk menghibur pengguna animasi tersebut, sehingga memberikan kepuasan. Sebagai media presentasi, animasi digunakan untuk menarik perhatian para audien atau peserta presentasi terhadap materi yang disampaikan oleh presenter. Animasi pada media presentasi membawa suasana presentasi menjadi tidak kaku dan bervariasi .
Keuntungan animasi dalam multimedia yaitu untuk mengiklankan produk baru yang merupakan produk masa depan. Dapat menampilkan produk dalam desain yang bervariasi. Tidak membutuhkan studio khusus, karena dapat dikerjakan dengan komputer. Sering digunakan untuk menyampaikan pesan yang sulit atau untuk menjangkau pasar khusus, misalnya anakanak. Animasi dapat menggantikan produk aktual dengan prototype. Animasi menjadikan presentasi lebih menarik (Munir :2012).
Merupakan teknik membuat animasi dengan cara
menggambar manual diatas kertas, kemudian ditransfer ke komputer. Berikut ini contoh hasil dari dari teknik tersebut.
3. Digital Animation
Merupakan teknik membuat animasi dengan
murni menggambar di komputer. Peralatan yang digunakan sudah serba digital. Teknik ini berbeda dengan hybrid animation yang menggambar dikertas manual, pada teknik ini sketsa gambar di buat menggunakan peralatan pen-Tablet atau Digitalizer-Tablet yang di capture langsung menjadi video.
Berikut ini adalah contoh pembatan gambar untuk animasi menggunakan pen tablet.
Animasi adalah daya tarik utama di dalam program multimedia interaktif. Animasi mampu menjelaskan suatu konsep atau proses yang sukar dijelaskan dengan media lain. Animasi juga memiliki daya tarik estetika sehingga tampilan yang menarik dan eyecatching akan memotivasi pengguna untuk terlibat di dalam proses pembelajaran. Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.
Ada beberapa manfaat animasi untuk berbagai kebutuhan, yaitu media hiburan, animasi digunakan untuk menghibur pengguna animasi tersebut, sehingga memberikan kepuasan. Sebagai media presentasi, animasi digunakan untuk menarik perhatian para audien atau peserta presentasi terhadap materi yang disampaikan oleh presenter. Animasi pada media presentasi membawa suasana presentasi menjadi tidak kaku dan bervariasi .
Keuntungan animasi dalam multimedia yaitu untuk mengiklankan produk baru yang merupakan produk masa depan. Dapat menampilkan produk dalam desain yang bervariasi. Tidak membutuhkan studio khusus, karena dapat dikerjakan dengan komputer. Sering digunakan untuk menyampaikan pesan yang sulit atau untuk menjangkau pasar khusus, misalnya anakanak. Animasi dapat menggantikan produk aktual dengan prototype. Animasi menjadikan presentasi lebih menarik (Munir :2012).
Menurut munir (2012) terdapat beberapa macam animasi yang dapat kita buat diantaranya :
a. Animasi Sel (Cell Animation), contoh dari jenis animai ini misalnya seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran berikutnya. Selanjutnya membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disisipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus.
b. Animasi Frame (Frame Animation), Animasi ini menampilkan rangkaian gambar yang berurutan atau bergantian ditunjukan secara cepat. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Antara gambar satu (frame satu) dengan gambar lain (frame lain) berbeda.
c. Animasi Sprite (Sprite Animation) , animasi sprite yaitu obyek yang diletakan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masingmasing objek sprite. Setiap objek animasi disebut “sprite”. Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul.
d. Animasi Lintasan (Path Animation), adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya membantu membuat animasi kereta api yang bergerak pada lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.
e. Animasi Spline, spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, tetapi mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi perhitungan matematis.
f. Animasi Vektor (Vector Animation), animasi vector mirip dengan animasi sprite. Pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite. Animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus ini serupa dengan rumus yang menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak dengan memvariasikan ketiga parameter ujung-pangkal, arah dan panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek.
g. Animasi Karakter (Character Animation), Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut.
h. Computational Animation , menggerakkan satu kata di layar monitor dengan cara membuat serangkaian frame yang menunjukkan jalannya kata di layar, yang tiap framenya mewakili satu moment dalam satu waktu selama kata itu bergerak. Tapi ini bisa tidak efisien, sebab frame itu memakan banyak memori, dan butuh waktu lama bagi pemakai untuk membuat frame.
i. Morphing Morphing, adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk lain dengan menampilkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk pertama merubah dirinya menjadi bentuk lain.
j. Animasi Clay, Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan bonekaboneka tersebut difoto secara beruntun. Setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik.
k. Animasi Digital, Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi. Contoh animasi jenis ini adalah film Lion King.
a. Animasi Sel (Cell Animation), contoh dari jenis animai ini misalnya seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran berikutnya. Selanjutnya membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disisipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus.
b. Animasi Frame (Frame Animation), Animasi ini menampilkan rangkaian gambar yang berurutan atau bergantian ditunjukan secara cepat. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Antara gambar satu (frame satu) dengan gambar lain (frame lain) berbeda.
c. Animasi Sprite (Sprite Animation) , animasi sprite yaitu obyek yang diletakan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masingmasing objek sprite. Setiap objek animasi disebut “sprite”. Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul.
d. Animasi Lintasan (Path Animation), adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya membantu membuat animasi kereta api yang bergerak pada lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.
e. Animasi Spline, spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, tetapi mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi perhitungan matematis.
f. Animasi Vektor (Vector Animation), animasi vector mirip dengan animasi sprite. Pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite. Animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus ini serupa dengan rumus yang menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak dengan memvariasikan ketiga parameter ujung-pangkal, arah dan panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek.
g. Animasi Karakter (Character Animation), Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut.
h. Computational Animation , menggerakkan satu kata di layar monitor dengan cara membuat serangkaian frame yang menunjukkan jalannya kata di layar, yang tiap framenya mewakili satu moment dalam satu waktu selama kata itu bergerak. Tapi ini bisa tidak efisien, sebab frame itu memakan banyak memori, dan butuh waktu lama bagi pemakai untuk membuat frame.
i. Morphing Morphing, adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk lain dengan menampilkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk pertama merubah dirinya menjadi bentuk lain.
j. Animasi Clay, Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan bonekaboneka tersebut difoto secara beruntun. Setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik.
k. Animasi Digital, Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi. Contoh animasi jenis ini adalah film Lion King.
Referensi :
https://media.neliti.com/media/publications/90062-ID-perancangan-dan-pembuatan-animasi-2d-ker.pdf
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan . Penerbit : Alfabeta. Bandung
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan . Penerbit : Alfabeta. Bandung
Komentar
Posting Komentar