Langsung ke konten utama

Apa itu Animasi?


Pernahkah anda melihat gambar yang bergerak?
Gambar tersebut merupakan sebuah animasi. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai animasi dalam multimedia.

Jika anda tipe orang yang suka membaca sambil mendengarkan musik, sialhkan play lagu berikut 
PERFECT - Ed Sheeran - EMMA HEESTERS KHS COVER


         Menurut Reiber (1994) bagian penting lain pada multimedia adalah animasi. Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Selain itu kata animasi juga berasal dari kata animastion yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesia Inggris berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup (Dalam media.neliti.com)
          Dalam pembuatan animasi terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan, berikut ini beberapa teknik animasi yang saya kutif dari jurnal Rona Guines Purnasiwi dan Mei P Kurniawan.
1. Stop Motion Animation
    Animasi dibentuk dari gambar – gambar yang dibuat secara grafis yang kemudian digerakan. Jadi, animasi stop motion adalah cara atau teknik yang biasa dipakai untuk menciptakan sebuah animasi.       Jika membuat animasi menggunakan teknik ini maka peralatan yang dibutuhkan hanya kamera foto atau kamera video, tripod atau apapun yang dapat menyangga kamera tepat pada tempatnya, dan paling penting adalah obyeknya.
     Berikut ini adalah contoh dari animasi stop motion.


2. Hybrid Animation
    Merupakan teknik membuat animasi dengan cara menggambar manual diatas kertas, kemudian ditransfer ke komputer. Berikut ini contoh hasil dari dari teknik tersebut.


3. Digital Animation
    Merupakan teknik membuat animasi dengan murni menggambar di komputer. Peralatan yang digunakan sudah serba digital.
         Teknik ini berbeda dengan hybrid animation yang menggambar dikertas manual, pada teknik ini sketsa gambar di buat menggunakan peralatan pen-Tablet atau Digitalizer-Tablet yang di capture langsung menjadi video.
        Berikut ini adalah contoh pembatan gambar untuk animasi menggunakan pen tablet.


Animasi adalah daya tarik utama di dalam program multimedia interaktif. Animasi mampu menjelaskan suatu konsep atau proses yang sukar dijelaskan dengan media lain. Animasi juga memiliki daya tarik estetika sehingga tampilan yang menarik dan eyecatching akan memotivasi pengguna untuk terlibat di dalam proses pembelajaran. Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.

      Ada beberapa manfaat animasi untuk berbagai kebutuhan, yaitu media hiburan, animasi digunakan untuk menghibur pengguna animasi tersebut, sehingga memberikan kepuasan. Sebagai media presentasi, animasi digunakan untuk menarik perhatian para audien atau peserta presentasi terhadap materi yang disampaikan oleh presenter. Animasi pada media presentasi membawa suasana presentasi menjadi tidak kaku dan bervariasi .
         Keuntungan animasi dalam multimedia yaitu untuk mengiklankan produk baru yang merupakan produk masa depan. Dapat menampilkan produk dalam desain yang bervariasi. Tidak membutuhkan studio khusus, karena dapat dikerjakan dengan komputer. Sering digunakan untuk menyampaikan pesan yang sulit atau untuk menjangkau pasar khusus, misalnya anakanak. Animasi dapat menggantikan produk aktual dengan prototype. Animasi menjadikan presentasi lebih menarik (Munir :2012).
Menurut munir (2012) terdapat beberapa macam animasi yang dapat kita buat diantaranya :
a. Animasi Sel (Cell Animation), contoh dari jenis animai ini misalnya seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran berikutnya. Selanjutnya membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disisipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus.
b. Animasi Frame (Frame Animation), Animasi ini menampilkan rangkaian gambar yang berurutan atau bergantian ditunjukan secara cepat. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Antara gambar satu (frame satu) dengan gambar lain (frame lain) berbeda.
c. Animasi Sprite (Sprite Animation) ,  animasi sprite yaitu obyek yang diletakan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masingmasing objek sprite. Setiap objek animasi disebut “sprite”. Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul.

d. Animasi Lintasan (Path Animation), adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya membantu membuat animasi kereta api yang bergerak pada lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.

e. Animasi Spline, spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, tetapi mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi perhitungan matematis.

f. Animasi Vektor (Vector Animation), animasi vector mirip dengan animasi sprite. Pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite. Animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus ini serupa dengan rumus yang menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak dengan memvariasikan ketiga parameter ujung-pangkal, arah dan panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek.

g. Animasi Karakter (Character Animation), Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut.

h. Computational Animation , menggerakkan satu kata di layar monitor dengan cara membuat serangkaian frame yang menunjukkan jalannya kata di layar, yang tiap framenya mewakili satu moment dalam satu waktu selama kata itu bergerak. Tapi ini bisa tidak efisien, sebab frame itu memakan banyak memori, dan butuh waktu lama bagi pemakai untuk membuat frame.

i. Morphing Morphing, adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk lain dengan menampilkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk pertama merubah dirinya menjadi bentuk lain.

j. Animasi Clay, Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan bonekaboneka tersebut difoto secara beruntun. Setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik.

k. Animasi Digital, Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi. Contoh animasi jenis ini adalah film Lion King.


Referensi :
https://media.neliti.com/media/publications/90062-ID-perancangan-dan-pembuatan-animasi-2d-ker.pdf 
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan . Penerbit : Alfabeta. Bandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN ISPRING

Assalaualaiku, kali ini saya akan membuat tutorial membuat QUIZ menggunakan Ispring, Sebelum itu masri kita mengenal ISpring itu apa. iSpring Suite adalah toolkit authoring berbasis PowerPoint yang diproduksi oleh iSpring Solutions yang memungkinkan pengguna untuk membuat kursus berbasis slide, kuis, simulasi dialog, screencast, kuliah video, dan materi pembelajaran interaktif lainnya. Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah: 1. Ispring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform. 2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. Ispring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video pre...

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE

TUTORIAL MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ MAKER Wondershare Quiz Creator merupakan perangkat lunak untuk pembuatan soal, kuis atau tes secara online (berbasis web). Penggunaan Wondershare Quiz Creator dalam pembuatan soal tersebut sangat familiar/user friendly, sehingga sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman yang sulit untuk mengoperasikannya. Hasil soal, kuis dan tes dibuat/disusun dengan perangkat lunak ini dapat disimpan dalam format Flash yang dapat berdiri sendiri (stand alone) di website. Dengan Wondershare Quiz Creator, pengguna dapat membuat dan menyusun berbagai bentuk dan level soal yang berbeda, yaitu bentuk soal benar/salah (true/false), pilihan ganda (multiple choices), pengisian kata (fill in the blank), penjodohan (matching), Kuis dengan area gambar dan lain-lain. Bahkan dengan Wondershare Quiz Creator dapat pula disisipkan berbagai gambar (images) maupun file Flash (Flash movie) untuk menunjang pemahaman peserta didik da...

SPESIFIKASI LAPTOP ASUS A455L SERIES

Haloo, Assalamu'alaikum. Pada artikel ini saya akan menuliskan spesifikasi laptop yang saya gunakan sehari-hari. Laptop yag saya gunakan yaitu laptop ASUS A455LF-WX049D.    Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inch dengan tingkat resolusi 1366 x 768 pixels. Melihat ukurannya, maka laptop ini tentu saja cocok buat kamu yang sering bepergian membawa laptop. Laptop ini memiliki desain yang elegan dengan bentuk ramping nan kokoh. Pada bagian casingnya saja, laptop Asus yang satu ini menggunakan material alumunium yang memberikan kesan super mewah dan tentunya nampak sangat gahar. Meskipun menggunakan material metal namun bobot laptop ini cukup ringan dengan hanya 2.3 kilo gram saja. Pada dimensinya sendiri memiliki ukuran 340 x 241 mm dengan ketebalan yang hanya 24.8mm. Selai itu m emiliki performa yang baik dengan prosesor jenis Intel Core i3 (i3-4005U) yang dapat berlari kencang 1.7 GHz. Sementara pada bagian sitem pengolahan grafis menggunakan jenis GPU NVIDIA Ge ...