Langsung ke konten utama

QUIZ DASAR-DASAR MULTIMEDIA


DASAR-DASAR MULTIMEDIA

Nama   : Rizka Khairun Nisa
Nim     : 18862006

1.        Teks memegang peranan dasar dalam menyusun dokumen maka dari itu kejelasan arti dan kepadatan kata menjadi pertimbangan utama pemakai elemen teks untuk membuat multimedia. Maksudnya dalam membuat suatu media ketika menggunakan teks kedalam media haruslah sesuai porsi dan cukup sesuai kebutuhan sasaran pemakai media, jangan sampai memasukkan teks terlalau banyak atau ringkas. Cukup memasukkan teks sesuai dengan kebutuhan sasaran pemakai.
Teks selalu digunakan untuk menghantarkan informasi dan untuk kegunaan antarmuka pengguna. Jadi gunakan jenis font yang mudah dibaca, dan jangan melebihi dari setengah layar dari media. Gunakan gaya penulisan yang mudah dibaca, jangan sampai menghilangkan tujuan asli teks yaitu untuk menyampaikan informasi yang lebih bermakna.

2.        Teks dalam bentuk kata, kalimat, dan paragraph digunakan untuk mengkomunikasikan pikiran, ide, dan fakta di dalam hampir semua aspek kehidupan
Teks memang penting untuk mengkomunikasikan pikiran, ide, dan fakta terlebih bagi Tuna Wicara mereka memerlukan bahasa isyarat untuk mengkomunikasikan apa yang ingin dia bicarakan. Maka teks penting bagi mereka yang tidak bisa berbicara secara lisan. Dalam sistem multimedai teks juga penting dalam menyampaikan informasi secara mendetail. Maka dari itu teks pasti akan selalu digunakan dalam pembuatan multimedia, namun dalam penerapannya akan berbeda-beda sesuai dengan sasaran pengguna media agar informasi dapat terkomunikasikan dengan baik dan mencapai tujuan dari media yang dibuat.

3.        Dalam kehidupan sehari-hari audio sudah sangat diminati terutama audio musik, di Indonesia terutama kalangan remaja musik sudah merajalela oleh karena itu penggunaan audio dalam kegiatan pembelajaran sering digunakan. Audio juga membantu meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan dan membantu meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan oleh karena itu audio cukup efektif jika digunakan dalam pembelajaran. Tetapi kembali lagi kepada tujuan media nya, jangan sampai audio yang diperdengarkan tidak sesuai dengan sasaran pengguna.
Audio selain digunakan untuk menyapaikan materi tapi juga dapat digunakna untuk memberikan motivasi, membantu peserta didik fokus pada materi yang dipelajari karena cukup mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi.

4.        Unsur audio dapat dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi dengan cara menghadirkan theatre of mind agar isi materi pelajaran lebih dihayati oleh peserta didik.
Selain diminati oleh peserta didik audio dapat memperkaya imajinasi, dengan cara memberikan theatre of mind, maksudnya siswa diperdengankan audio yang berisi gambaran suatu betuk nanti dengan  sendirinya siswa akan membayangkan apa yang dia dengarkan. Selain itu dengan mendengarkan musik-musik instrument peserta didika akan dengan sendirinya berimajinasi, seperti penyiar radio yang berbicara di saluran radio secara tidak langsung pendengar akan berimajinasi sesuai dengan apa yang dikatakan penyiar.

5.      Penggunaaan gambar lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Jika hanya dengan teks peserta didika akan lelah membaca dan terkadang teks perlu di dukung dengan gambar. Karena dengan teks saja siswa belum tentu dapat memahami apa yang ia baca, karena terkadang terdapat teks yang rumit untuk di pahami. Tergantung dari sasaran medianya. Menurut hasil penelitian Seth Spaulding yang dikutip Nana Sudjana (2002), ilustrasi gambar merupakan perangkat pengajaran yang dapat menarik minat belajar siswa secara efektif.

6.        Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru dan lebih berguna, Hal ini karena ilustrasi gambar dapat membantu siswa membaca buku pelajaran terutama dalam menafsirkan dan mengingat-ingat isi materi teks yang menyertainya. Ringkasan materi dapat dibuat menggunakan gambar, jadi siswa bisa saja memahami tanpa membaca teks. Namun kembali lagi ke gambar yang dibuat apakah mampu mempresentasikan materi yang dibuat atau tidak, dan itu akan diuji dengan menerapakannya dikelas. Maka dari itu tidak boleh memasukkan sembarang gambar ke dalam media. Masukan gambar yang dianggap mampu menyampaikan informasi yang di ingin di sampaikan.

7.        Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah dapat menjelaskan keadaan nyata dari suatu proses, fenomena, atau kejadian. Karena terkadang terdapat fenomena yang tidak bisa kita datangi langsung ketka pembelajaran, jadi dengan adanya video siswa tidak hanya embayangkan fenomena tersebut, namun isa melihat melalui video sehingga tidak perlu survey langsung. Begitu juga terkait kejadian-kejadian yang tidak bisa dikunjungi, dengan adanya video kita bisa memberikan gmabaran secara visual yang mudah dipahami oleh siswa, karena dengan hanya penjelasan siswa belum tentu mengerti.

8.        Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya penyajian/penjelasan.
Dalam media video terdapat teks atau gambar bahkan animasi, maka seluruh elemen multimedia lengkap terdapat dalam video, dengan satu elemn saja dapat membantu porses pembelajaran apalagi dengan seluruh elemen yang terintegrasi, guru hanya menjadi fasilitator karena dengan video kita bisa menyamapaikan seluruh materi dalam 1 pertemuan, namun tetap tergantung bagaimana kita mmembuat media tersebut mampu efektif digunakan dikelas.
Pengguna juga  dapat melakukan pengulangan (replay) pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Sangat cocok untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor. Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan pesan dibandingkan media text. Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

9.        Animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang mustahil atau kompleks dalam kehidupan yang sebenarnya dan dapat direalisasikan di dalam aplikasi tersebut. Contohnya jika ingin melihat proses gunung api meletus tidak harus mendatangi gungung tersebut, dapat dibuat animasi untuk menggantikannya. Oleh karena itu animasi merupakan tampilan visual yang lebih dinamis, karena kita bisa mengsimulasikan pembelajran yang tidak bisa di lihat secara langsung baik itu karena bahaya atau karena memang tidak bisa dijangkau.
Animasi adalah daya tarik utama di dalam program multimedia interaktif. Animasi mampu menjelaskan suatu konsep atau proses yang sukar dijelaskan dengan media lain. Animasi juga memiliki daya tarik estetika sehingga tampilan yang menarik dan eyecatching akan memotivasi pengguna untuk terlibat di dalam proses pembelajaran. Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.

10.    Penggunaan animasi, visualisasi, eksperimen virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin efek positif pada pembelajaran, karena belum tentu media yang diberikan sudah dibuat sesuai prosedur dan aturan yang ada. Karena membuat suatu media pembelajaran terdapat tahapannya yaitu tahap Konsep (concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Testting (Percobaan) dan Distribusi (Distribution). Jika membuat animasi, visualisasi, eksperimen virtual tanpa mengikuti tahapan seharusnya maka tidak akan menjain media tersebut efektif digunakan, selain itu membuat media juga harus memperhatikan karakteristik pengguna, karena jika tidak disesuaikan tidak akan efektif, oleh karena itu sasaran pemakai juga penting dalam media agar efektif.

Referensi :
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan . Penerbit : Alfabeta. Bandung
https://rizkakn.blogspot.com/2018/11/apa-itu-animasi.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN ISPRING

Assalaualaiku, kali ini saya akan membuat tutorial membuat QUIZ menggunakan Ispring, Sebelum itu masri kita mengenal ISpring itu apa. iSpring Suite adalah toolkit authoring berbasis PowerPoint yang diproduksi oleh iSpring Solutions yang memungkinkan pengguna untuk membuat kursus berbasis slide, kuis, simulasi dialog, screencast, kuliah video, dan materi pembelajaran interaktif lainnya. Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah: 1. Ispring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform. 2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. Ispring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video pre

CARA MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE

TUTORIAL MEMBUAT QUIZ MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ MAKER Wondershare Quiz Creator merupakan perangkat lunak untuk pembuatan soal, kuis atau tes secara online (berbasis web). Penggunaan Wondershare Quiz Creator dalam pembuatan soal tersebut sangat familiar/user friendly, sehingga sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman yang sulit untuk mengoperasikannya. Hasil soal, kuis dan tes dibuat/disusun dengan perangkat lunak ini dapat disimpan dalam format Flash yang dapat berdiri sendiri (stand alone) di website. Dengan Wondershare Quiz Creator, pengguna dapat membuat dan menyusun berbagai bentuk dan level soal yang berbeda, yaitu bentuk soal benar/salah (true/false), pilihan ganda (multiple choices), pengisian kata (fill in the blank), penjodohan (matching), Kuis dengan area gambar dan lain-lain. Bahkan dengan Wondershare Quiz Creator dapat pula disisipkan berbagai gambar (images) maupun file Flash (Flash movie) untuk menunjang pemahaman peserta didik da

SPESIFIKASI LAPTOP ASUS A455L SERIES

Haloo, Assalamu'alaikum. Pada artikel ini saya akan menuliskan spesifikasi laptop yang saya gunakan sehari-hari. Laptop yag saya gunakan yaitu laptop ASUS A455LF-WX049D.    Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inch dengan tingkat resolusi 1366 x 768 pixels. Melihat ukurannya, maka laptop ini tentu saja cocok buat kamu yang sering bepergian membawa laptop. Laptop ini memiliki desain yang elegan dengan bentuk ramping nan kokoh. Pada bagian casingnya saja, laptop Asus yang satu ini menggunakan material alumunium yang memberikan kesan super mewah dan tentunya nampak sangat gahar. Meskipun menggunakan material metal namun bobot laptop ini cukup ringan dengan hanya 2.3 kilo gram saja. Pada dimensinya sendiri memiliki ukuran 340 x 241 mm dengan ketebalan yang hanya 24.8mm. Selai itu m emiliki performa yang baik dengan prosesor jenis Intel Core i3 (i3-4005U) yang dapat berlari kencang 1.7 GHz. Sementara pada bagian sitem pengolahan grafis menggunakan jenis GPU NVIDIA Ge Force